Madumongso Salah Satu Makanan Khas Kota Madiun

MADIUN PUNYA KULINER -  Madumongso merupakan salah satu makanan khas tradisional Kota Madiun, dan menjadi ikon lain dari Kota Madiun selain Nasi Pecel. Madumongso yang terbuat dari ketan hitam sebagai bahan dasarnya ini rasanya asam bercampur manis, karena ketan hitam sebelumnya diolah dahulu menjadi tape (melalui proses fermentasi) .

Setelah jadi kemudian diolah lagi dengan menambahkan gula dan santan sebelum kemudian dimasak hingga menjadi seperti dodol/jenang. Madumongso biasanya dibungkus kertas minyak yang berwarna-warni atau plastik sebagai kemasannya.

Madumongso Kota Madiun Berhasil Memecahkan Rekor Muri
Di tahun 2011 Madumongso buatan masyarakat Kota Madiun berhasil memecahkan rekor Muri dengan pembuatan madumongso terpanjang, sepanjang 1.700 meter atau 1,7 kilometer di Alun-Alun Kota Madiun, Sabtu (31/12/2011). Hal ini tercatat sebagai rekor Muri nomor 5.283. Rekor ini tidak hanya rekor Indonesia, tapi juga dunia.

Proses Pembuatan Madumongso 
Proses pembuatannya ada dua tahap, yang pertama adalah membuat tape ketan hitam. Beras ketan hitam dicuci bersih dan ditiriskan. Rebus air di dalam dandang sampai mendidih, lalu beras ketan hitam ditanak (jawa : dikekel) +/- 1 jam.

Setelah itu dieler di tampah sampai dingin, kemudian ditaburi ragi sampai rata. Dimasukkan dalam panci yang dilapis daun pisang, lalu ditutup rapat, diperam selama 3 hari.

Proses yang kedua, setelah tape matang, santan direbus dengan gula putih dan gula merah menggunakan wajan. Kalau sudah mendidih, tape dimasukkan, dimasak dan diaduk-aduk sampai asad. Madumongso sudah matang, siap dikemas.



Inilah  cara membuatnya, untuk 750 gram :

BAHAN :
-750 gram tape ketan hitam manis
-500 ml santan dari 1 butir kelapa
-250 gram gula pasir
-2 lembar daun pandan
-Pelengkap : plastik kecil ukuran 10x10 cm

CARA MEMBUAT :
1. Kertas minyak dipotong dengan ukuran 10 x 10 cm.
2. Masak santan bersama gula pasir dan daun pandan hingga mendidih.
3. Masukkan tape ketan hitam, aduk rata dan masak hingga santan habis dan kelihatan
berminyak angkat.
4. Cetak adonan sebesar sendok makan, bulatkan dan bungkus dalam plastik lalu tali.
5. Sajikan atau simpan dalam stoples. #madiunpunyakuliner


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Madumongso Salah Satu Makanan Khas Kota Madiun"

Posting Komentar