Kukusan, Tempat Untuk Menanak Nasi Ternyata Aman Untuk Diabetes

KUKUSAN adalah alat dapur yang sudah lama digunakan oleh masyarakat Jawa. Dan ini merupakan salah satu kreasi asli orang Jawa dalam memasak nasi. Selain itu kukusan juga digunakan untuk menanak tiwul sekaligus untuk mencetak nasi buceng atau tumpeng berbentuk gunungan.

Produksi alat dapur kukusan biasanya bisa dijumpai di desa sentra anyaman bambu, karena bahan untuk membuat kukusan adalah bambu. Sementara  untuk membuat kukusan dengan hasil anyaman yang baik  adalah jenis bambu apus, karena sifatnya lentur. Bambu jenis ori dan petung kurang cocok untuk membuat kukusan, karena terlalu tebal dan mudah patah. Bambu-bambu apus banyak tumbuh di daerah pedesaan atau di pinggir-pinggir sungai. 

Walaupun alat dapur ini termasuk mudah rusak. Bagi masyarakat Jawa tradisional, kukusan yang belum rusak parah masih bisa disulam dengan anyaman bambu baru. Namun, jika lubangnya parah, kukusan bekas ini bisa digunakan untuk menutup gentong. 

Menanak Nasi Dengan Menggunakan Kukusan Ternyata Aman Untuk Diabetes
 
Salah satu khasiat dan manfaat memasak dengan kukusan diantaranya nasi tidak lagi menjadi pantangan bagi penderita diabetes. Karena ketika nasi dimasak dengan cara demikian, maka semua toksin atau racun kimiawi akibat pestisida dan pupuk urea dimusnahkan. 

Sementara bambu kukusan itu bertugas sebagai antioksidan atau pembuang racun karena mengandung silica alami. Ajaibnya, meskipun kukusan itu berulang-ulang digunakan, zat silicanya malah tambah kuat.

Inilah diantara sains tingkat tinggi kreasi asli orang Jawa dalam memasak nasi dengan kukusan. Dengan cara itu, maka wajarlah orang jaman dulu jarang yg terkena penyakit aneh-aneh.

Semoga Bermanfaat.
Bentuk Kukusan

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Kukusan, Tempat Untuk Menanak Nasi Ternyata Aman Untuk Diabetes"

  1. Orang Jawa dulu ternyata sdh pandai

    BalasHapus
  2. Orang Jawa dulu ternyata sdh pandai

    BalasHapus
  3. Dan ilmu itu sekarang dipakai orang barat....maka keluarlah alat rice cooker yang dapat menghilangkan kandungan gula dalam nasi....aman untuk penderita diabetes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho bukannya setelah beralih ke rice cooker jadi lebih rentan terkena diabetes?

      Hapus