Sapa Salah Seleh

Peribahasa Sapa Salah Seleh, mempunyai arti orang yang berbuat kesalahan pada akhirnya akan kalah juga. Peribahasa ini memberikan pengertian apabila berbuat salah, maka suatu saat  akan menanggung akibat dari perbuatan tersebut. 

Perbuatan yang salah akan menimbulkan ketidaknyamanan dalam hati pelakunya, sehingga pelakunya akan selalu ketakutan apabila perbuatannya tersebut diketahui oleh orang lain, walaupun orang lain tersebut tidak mengetahui apa-apa. Dengan ketidaknyamanan tersebut maka orang yang telah berbuat salah akan terus merasa bersalah sehingga kehidupannya pun akan memburuk (kalah).

Ada peribahasa lain yang memiliki makna hampir serupa dengan peribahasa diatas, peribahasa tersebut berbunyi “Becik ketitik, olo ketoro” yang berarti becik ketitik (kebenaran akan kelihatan), olo ketoro (perbuatan salah akan ketahuan). Peribahasa tersebut mengungkapkan bahwa, perbuatan baik akan selalu terlihat baik, sedangkan perbuatan yang salah suatu saat akan terungkap keburukannya. ( MPK 01 ).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sapa Salah Seleh"

Posting Komentar