Keistimewaan Durian Kawuk Asli Desa Segulung

DURIAN KAWUK - warna buah kuning, daging buah tebal dan rasanya lezat
MADIUN PUNYA KITA – Durian Kawuk merupakan salah satu varietas durian unggulan yang ada di Desa Segulung, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun. Durian Kawuk ini memiliki keistimewaan dan keunggulan diantaranya, frekuansi buah relatif tinggi, buah relative lebat, warna buah kuning, daging buah tebal dan rasanya lezat.

Jenis durian yang ada di lereng gunung wilis ini sudah ada sejak dulu namun baru 15 tahun terakhir terus ditingkatkan dan dikembangkan. Saat ini durian kawuk yang ada di Desa Segulung sudah ada sekitar 150 pohon, dan akan terus dibudidayakan dan dikembangkan melalui sistim okulasi (menempel), selain itu juga dilakukan dengan cara menyambung. Cara ini dilakukan untuk mendapatkan kualitas yang memiliki ciri - ciri sama dengan induknya. 

Dan dengan pembiakan sistim okulasi  ini rata - rata minimal 8 tahun sudah berbuah, sementara untuk perawatan tanaman, petani minim dalam penggunaan pupuk dan obat-obatan kimia. Semuanya masih alami dengan menggunakan kotoran kambing dan sapi. 

Sedangkan untuk pemasarannya selama ini baru melayani pemesanan – pemesanan di wilayah Madiun seperti stand di wilayah Batil, Dolopo, Pasar Sleko Kota Madiun, juga pesanan dari para penggemar durian yang sudah tau kualitas durian di lereng wilis tersebut.

Selain itu durian kawuk yang ada di Desa Segulung juga telah didaftarkan ke Propinsi Jawa Timur dan sudah dalam proses sertifikasi dari Dinas Pertanian Provinsi Jatim. (MPK – 01).

Baca juga ; Peluang Usaha Budidaya Pisang Raja Patut Anda Coba
#madiunpunyakita #duriankawuk #hortikultura #lerengwilis

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keistimewaan Durian Kawuk Asli Desa Segulung"

Posting Komentar