Reog Ponorogo

REOG PONOROGO tampil dan ikut memeriahkan pawai budaya Hari Jadi ke – 99 Kota Madiun tahun 2017 di depan Balaikota Madiun, Minggu ( 9/7/2017 ). Reog merupakan salah satu kesenian budaya daerah di Indonesia yang berasal dari Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Sebagian besar masyarakat meyakini Reog masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat.

BARONGAN (Dadak merak) merupakan peralatan tari yang paling dominan dalam kesenian Reog Ponorogo. Berbentuk Kepala Harimau terbuat dari kerangka kayu, bambu, rotan ditutup dengan kulit Harimau Gembong. Dadak merak, kerangka terbuat dari bambu dan rotan sebagai tempat menata bulu merak untuk menggambarkan seekor merak sedang mengembangkan bulunya dan menggigit untaian manik - manik . 

BUJANG GANONG (Ganongan) adalah salah satu tokoh yang enerjik, kocak sekaligus mempunyai keahlian dalam seni bela diri sehingga disetiap penampilannya senantiasa di tunggu - tunggu oleh penonton khususnya anak-anak. Bujang Ganong menggambarkan sosok seorang Patih Muda yang cekatan, berkemauan keras, cerdik, jenaka dan sakti.

TEROMPET REOG. Seseorang meniup terompet reog untuk mengiringi penampilan seni Reog Ponorogo yang tampil dalam pawai budaya budaya Hari Jadi ke – 99 Kota Madiun tahun 2017 di depan Balaikota Madiun, Minggu ( 9/7/2017 ). Terompet Reog yang merupakan alat music tradisional tersebut terbuat dari kayu atau bambu dan juga tempurung kelapa. 

KENDHANG. Seseorang membunyikan kendang untuk mengiringi penampilan seni Reog Ponorogo yang tampil dalam pawai budaya budaya Hari Jadi ke – 99 Kota Madiun tahun 2017 di depan Balaikota Madiun, Minggu ( 9/7/2017 ). Kendhang tersebut terbuat dari kulit hewan (Sapi atau kambing) berfungsi utama untuk mengatur irama. Kendhang ini dibunyikan dengan tangan, tanpa alat bantu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Reog Ponorogo"

Posting Komentar