Bangun Gapura Tandai Situs Ngurawan Sebagai Destinasi Desa Wisata Sejarah

Madiun Punya Wisata  - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun melalui Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan, dan Pariwisata (Diskoperindagpar) Kabupaten Madiun membangun Gapura di jalan masuk menuju Situs Ngurawan yang berada di Dusun Ngrawan, Desa Dolopo, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun.

Menurut Isbani, Kabid Pariwisata Dinas Koperindagpar Kabupaten Madiun, pembangunan gapura menggunakan konstruksi batu bata ekspos sesuai era Situs Ngurawan yang berada pada masa Kerajaan Majapahit tersebut guna mengembangkan kawasan situs Ngurawan  sebagai desa wisata sejarah di daerah setempat.

Selain itu keberadaan Gapura Ngurawan juga berfungsi sebagai tanda untuk mempermudah bagi pengunjung untuk memasuki kawasan situs. Gapura tersebut sengaja dibangun karena letak situs yang tersembunyi.

" Ini salah satu bentuk keseriusan Pemkab Madiun untuk menghidupkan kembali Kerajaan Ngurawan sekaligus sebagai objek wisata sejarah maupun desa wisata sejarah. Hal ini sebagai upaya dalam mengembangkan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Madiun, " ujar Isbani.

Menurutnya, keberadaan gapura Ngurawan ini ditargetkan mampu mendongkrak potensi pariwisata sejarah Kerajaan Ngurawan secara maksimal. Sementara masyarakat sekitar situs Ngurawan pun sangat mendukung langkah Pemkab Madiun untuk menghidupkan situs Ngurawan sebagai desa wisata sejarah di Kabupaten Madiun. 

Masyarakat sekitar situs pun mulai membuat Rumah Penyelamatan dan Pelestarian Cagar Budaya Ngurawan dengan membuat museum mini untuk menyimpan  berbagai benda kuno hasil penemuan di sekitar Ngurawan yang telah dikumpulkannya.

Dan dengan adanya gapura serta Rumah Penyelamatan dan Pelestarian Cagar Budaya Ngurawan, saat ini sudah banyak masyarakat dari luar daerah yang berkunjung untuk mengetahui sejarah situs Ngurawan. Masyarakat pun berterimakasih atas dukungan Pemkab Madiun dengan menjadikan situs Ngurawan ini sebagai destinasi desa wisata sejarah yang ada di Kabupaten Madiun. (MPK - 01).

#madiunpunyawisata

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bangun Gapura Tandai Situs Ngurawan Sebagai Destinasi Desa Wisata Sejarah"

Posting Komentar