Desa Wisata Brumbun Kembangkan Konsep Wisata Alam

Madiun Punya Wisata – Setelah dikukuhkannya Asosiasi Desa Wisata Indonesia (ASIDEWI) wilayah Kabupaten Madiun di Kali Catur Resort, Jl. Raya Madiun - Ponorogo, Km 3, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, Kamis (12/05/2016), beberapa bulan yang lalu, pengelolaan pariwisata pedesaan yang berbasis masyarakat desa di Kabupaten Madiun mulai bermunculan. 

Salah satunya, Desa Wisata Brumbun, yang terletak di Desa Brumbun, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Untuk menuju ke lokasi Desa Wisata yang dikelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tumbu, Desa Brumbun ini hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 15 menit dari pusat Kota Madiun. 

Desa wisata dengan konsep keaslian alam serta memanfaatkan kegiatan keseharian yang unik menjadi suatu sajian pariwisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain wisata kelen atau tubing adventure pengembangan potensi pariwisata hasil karya dan kreatiftas masyarakat setempat akan sadar wisata ini juga menyuguhkan berbagai wisata lainnya, diantaranya Arena outbound, camping ground, air terjun cinta, love waterfall, tamansari mbahkung, kuliner tradisional, kedung asmoro, dan masih banyak lagi keseruan wisata alam yang bisa di nikmati. 
Menurut Kabid Pariwisata, Dinas Koperindagpar Kabupaten Madiun, Isbani, potensi Desa Wisata Brumbun ini sebagai ciri khas yang tidak dimiliki oleh desa lain serta desa yang memiliki keunikan dan nuansa yang alami. Di Desa Wisata Brumbun wisatawan diajak berpetualang menyusuri keindahan sungai yang berada di lereng Gunung Wilis. “ Hal inilah yang harus kita jaga dan pertahankan kemudian kita sajikan kepada wisatawan,” ungkapnya. 

Isbani berharap, dengan adanya potensi besar dalam pengembangan pariwisata wilayah Kabupaten Madiun kedepan bisa meningkatkan taraf ekonomi dan kemakmuran rakyat Kabupaten Madiun dan semakin mendongkrak tingkat kunjungan wisata ke Kabupaten Madiun di tahun-tahun mendatang yang akhirnya berimbas pada pendapatan asli daerah (PAD) di bidang pariwisata.

“ Sejauh ini kesadaran warga Kabupaten Madiun akan pariwisata sudah jauh lebih baik. Terlebih saat ini banyak komunitas yang menjadi penggeraknya. Kami pihak dinas hanya mengawasi dan melakukan pendampingan saja,” katanya. (MPK - 01).
#madiunpunyawisata

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Desa Wisata Brumbun Kembangkan Konsep Wisata Alam"