Koleksi Satwa Di Mini Zoo Taman Wisata Umbul Madiun

TEGAR – Seekor Singa Jantan, bernama Tegar berusia 18 tahun.
Salah satu koleksi satwa di  Taman Wisata Umbul Madiun.

Madiun Punya Wisata - Kebun binatang kecil atau "Mini Zoo" yang berada di lokasi Taman Wisata Umbul Madiun atau Madiun Umbul Square dengan koleksi satwa yang cukup banyak menjadi salah satu andalan di tempat wisata tersebut.

Sejumlah koleksi satwa yang ada di kebun binatang kecil Umbul itu di antaranya ada singa, monyet, beruang madu, kasuari, elang Jawa, merak, blacan, musang, kera Jawa, kelinci, ular sanca, burung merak, rusa tutul, buaya, dan masih banyak lagi.

Saat ini Taman Wisata Umbul Madiun yang ada di Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun menjadi tempat berwisata yang lebih baik dari tempat tujuan wisata lainnya di sekitar Madiun, karena selain ada penambahan berbagai koleksi hewan, Taman Wisata Umbul Madiun berkonsep menjadi objek wisata berbasis lembaga konservasi maupaun wisata edukasi.

Adapun tiket masuk pada jam buka pagi hingga sore ditetapkan sebesar Rp. 10.000 per orang dan Rp. 15.000 per orang untuk akhir pekan. Yuk Berwisata di Taman Wisata Umbul Madiun.

#madiunpunyakita #madiunpunyawisata #madiunpunyafoto #exploremadiunsepuasnya
Inilah beberapa koleksi satwa di Taman Wisata Umbul Madiun
BERUANG MADU – Merupakan jenis paling kecil dari kedelapan jenis beruang yang ada di dunia. Beruang madu hidup di hutan - hutan primer, sekunder dan sering juga di lahan – lahan pertanian, mereka biasanya berada di pohon pada ketinggian 2 – 7 meter dari tanah, dan suka mematahkan cabang – cabang pohon atau membuatnya melengkung untuk membuat sarang. 

RUSA SAMBAR – ini adalah jenis rusa besar yang umum berhabitat di Asia. Spesies yang umum memiliki ciri khas tubuh yang besar dengan bulu kecoklatan. Sambar dapat tumbuh setinggi 102 cm – 160 cm  sampai bahu dengan berat sekitar 546 kg. Sambar umumnya berhabitat di hutan dan bergantung pada tanaman semak atau rerumputan. Mendiami sebagian besar Asia Selatan dan juga ditemukan di hutan tropis Burma, Thailand, Indocina, ( Semenanjung Malaya), Tiongkok Selatan, Taiwan serta di pulau Sumatra dan Kalimantan di Indonesia.

RUSA TOTOL – Rusa atau menjangan adalah hewan mamalia pemamah biak (ruminan) yang termasuk familia Cervidae. Salah sau ciri khas rusa adalah adanya antler (tanduk rusa), dan bukan tanduk yang merupakan pertumbuhan tulang yang berkembang setiap tahun (musim panas) terutama pada rusa jantan. Bobot rusa umumnya berkisar 30 – 250 kg. Meskipun Pudu Utara rata – rata 10 kg (20 lb) dan Moose rata – rata 431 kg (1.000 lb). Mereka umumnya memiliki luwes, badan kompak dan panjang, kaki kuat cocok untuk medan atau hutan kasar.

AYAM MUTIARA, juga dikenal sebagai ayam api –api atau ayam piru, adalah sejenis ayam Belanda tetapi lebih kecil, berasal dari Afrika. Ayam mutiara biasanya akan bertelur apabila berusia 26 – 30 minggu bergantung kepada beberapa faktor terutama pemakanan. Ayam mutiara bertelur dengan jumlah yang banyak tetapi tidak pandai untuk mengeramkan telurnya sendiri. Kulit telurnya keras dan kasar.  

ELANG ULAR BIDO adalah sejenis elang besar yang menyebar luas di Asia, mulai dari India di barat, Nepal, Srilanka, terus ke timur hingga Cina, ke selatan melintasi Asia Tenggara. Semenanjung Malaya, kepulauan Sunda Besar, hingga ke Palawan di Filipina. Elang ini merupakan anggota suku Accippitridae. Hidup berpasang – pasangan. Sangat rebut, melayang – layang di atas wilayah sambil mengeluarkan suara. Pada musim berbiak, pasangan menunjukkan gaya terbang akrobatik. Habitatnya adalah hutan, tepi hutan, perkebunan, sub-urban. Tersebar sampai ketinggian 1.900 mdpl. Bido memangsa ular dan reptile pada umumnya, katak serta mamalia kecil. 

BURUNG RANGKONG – tergolong dalam family Bucerotidae (Jurang, Enggang dan Kangkareng). Bersifat aboreal. Pemakan buah dan serangga. Rangkong Badak adalah rangkong terbesar sekitar 110 cm. Indonesia adalah habitat dan populasi rangkong terbesar di Asia. Nama lain burung ini adalah Enggang, Julak, Alo, Kangkareng, Tingan dan Julang Mas. Rangkong Badak dianggap suci bagi orang dayak karena melambangkan kesucian, kekuatan dan kekuasaan.

LOKASI TAMAN WISATA MADIUN UMBUL SUQARE

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Koleksi Satwa Di Mini Zoo Taman Wisata Umbul Madiun"